100 SOAL LATIHAN PRAKARYA KEWIRAUSAHAAN

6 comments

100 SOAL LATIHAN INKSCAPE DAN PRAKARYA KEWIRAUSAHAAN


1.            Membudidayakan tanaman sayuran,  dan  memodifikasi  media  tanam  tanaman  sayuran.  Mempunyai  rasa  (sense) terhadap tanaman sebagai makhluk hidup yang perlu dirawat, bertanggung jawab, disiplin, tekun, sabar, teliti, dan bekerjasama selama melaksanakan tahapan budidaya. Mengamati setiap proses dengan seksama sehingga tumbuh rasa syukur atas segala anugerah dan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.
Uraian diatas adalah tinjauan untuk kemampuan siswa pada aspek:
a.     Sosial
b.    Spritual
c.     Pengetahuan
d.    Keterampilan
e.     Praktek akhlak
2.            Tanaman sayuran termasuk tanaman hortikultura. Hortikultura (Horticulture)berasal dari bahasa latin hortusyang artinya kebun dan colereyang artinya membudidayakan. Jadi hortikultura adalah…
a.     Membudidayakan tanaman di kebun
b.    Pengolahan tanaman di lahan
c.     Budidaya sayuran
d.    Budidaya sayuran di kebun
e.     Mengolah tanaman
3.            Peserta didik dikenalkan teknik pembentukan karya dari tanah liat, yaitu dengan teknik lempengan (slab) dan teknik cetak (mold). Kedua teknik ini juga merupakan dasar pembuatan keramik. Uraian ini termasuk langkah dalam penyampaian materi prakarya dan kewirausahaan pada ruang lingkup…..
a.     Rekayasa
b.    Budidaya
c.     Pengolahan
d.    Kerajinan
e.     Pengembangan
4.            Mempelajari motif/ragam hias Nusantara dapat diamati dari berbagai benda seperti kayu, kain, rumah adat, senjata tradisional, pakaian adat, dan alat musik. Mempelajari ragam hias tidak hanya tradisional tetapi juga modern yang tidak merujuk dari motif daerah tertentu. Yang manakah ragam hias dibawah yang berasal dari ukiran tradisional ?
a.     Lambang negara
b.    Motif kain
c.     Perisai dari suku Dayak
d.    Tugu nasional
e.     Motif rumput laut

5.            Didalam mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan terdapat 4 ruang lingkup yang dapat dikembangkan dan diajarkan di sekolah. Dari 4 ruang lingkup tersebut, yang manakah sudah kamu pelajari di sekolah?
a.     Ruang lingkup kerajinan             c. Ruang lingkup pengolahan     e. Ruang lingkup seni
b.    Ruang lingkup rekayasa             d. Ruang lingkup budidaya

6.            Pada konsentrasi desain grafis sebagai pilihan pengembangan mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan, terdapat banyak pilihan program aplikasi yang dapat dipakai. Program apakah yang sudah kamu pakai dan pelajari di sekolah?
a.     Corel Draw                    c. Paint                         e.Photoshop
b.    Inkscape                       d. Google Sketchup

7.            Kewirausahaan adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan.Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu.Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian.
Dalam hasil desain grafis, produk apa saja yang dapat menjadi peluang usaha dan mempunyai nilai jual?
a.     Baju kaos         c. Batik printing             e. origami
b.    Kain                  d. lukisan
8.            Dalam berwirausaha kerap kita menemui kegagalan (lebih banyak) dan keberhasilan, sikap apa yang dapat kita tunjukan sebagai manusia yang beragama, bertuhan jika dalam berwirausaha menemui banyak kegagalan?
a.     Tetap berusaha mencari peluang dan banyak belajar dari pengalaman disertai dengan selalu berdo’a.
b.    Frustrasi meratapi nasib
c.     Mengadu kepada teman di media jejaring sosial
d.    Tetap berusaha dan menjadi kuat, berani untuk menghalalkan segala cara
e.     Lebih baik menyendiri dan mendaki gunung untuk mencari inspirasi baru
9.            Coba perhatikan lingkungan kalian, mulai dari ruang kelas, sekolah dan jalan raya. Dari area tersebut, terdapat banyak informasi komunikas berupa gambar/tulisan desain grafisseperti contoh dibawah, kecuali:
a.     Papan reklame              c.spanduk                                 e. pohon
b.    baliho                           d.Logo instansi swasta/negeri
10.          Kalian yang berdomisili di Kota Balikpapan tentu tahu tentang ciri khas kota secara khusus atau daerah Kalimantan Timur ini secara umum, hal menarik apa yang dapat kita jadikan ide untuk membuat karya desain grafis dengan tujuan mengangkat ciri budaya lokal yang membanggakan?
a.     Perilaku anak jalanan                 c. Ukiran dayak             e. Areal tambang
b.    Sampah-sampah berserakan      d. hutan
11.          Sebutkan salah satu sumber daya yang diperlukan untuk mendukung proses produksi karya rekayasa desain grafis komputer?
a.     kuas                 c. Program aplikasi Inkscape                 e. uang
b.    kanvas              d. kertas
12.          Desain Grafis merupakan salah satu lahan bisnis yang tumbuh pesat dan berkembang sejak tahun 80-an. dengan perkembangan dunia publikasi, advertising dan visual, desain grafis menjadi salah satu bidang bisnis yang mampu menciptakan wirausaha-wirausahawan sukses terbanyak di Indonesia dan membuka peluang usaha bagi sekitar 100.000 s/d 500,000 tenaga kerja di Indonesia. Bahkan saat ini diperkirakan lebih banyak lagi. Mengingat usaha ini telah merambah jauh sampai ke seluruh wilayah Nusantara.
Jelaskan tentang pengertian advertising secara umum!
a.     periklanan                     c. pertumbuhan             e. sablon
b.    perdagangan                 d. percetakan
13.          Proses mengungkapkan ide dalam bentuk gambar penting dalam periklanan, namun gambar yang bagus dan indah bukan hal yang utama karena kita hanya dituntut untuk dapat menuangkan ide dalam bentuk citra gambar. Jadi, mampu menggambar dengan baik bukan persyaratan di dunia periklanan.
Jelaskan maksud dari uraian diatas!
a.     Yang penting adalah kemampuan program aplikasinya dalam mengolah gambar
b.    Terpenting adalah ide kreatif atau kemurnian ide dan mampu menuangkannya kedalam gambar
c.     Yang utama adalah keterampilan pengguna dalam menggambar
d.    Yang penting adalah kemampuan diri dalam manipulasi gambar
e.     Menggambar bagus dan menarik tidak penting, yang utama adalah program komputernya

14.          Sebelum menuangkan ide kedalam program aplikasi desain grafis komputer, idealnya kita ……… ………………terlebih dahulu.
a.     merenung                      c. Membuat konsep                   e. menjiplak
b.    Pergi ke pantai              d. Menjelajahi internet
15.          File gambar yang dihasilkan dari kamera termasuk gambar jenis ....
a.     non digital
b.    bitmap
c.     vektor
d.    pixel
e.     scalable
16.          Gambar kartun termasuk gambar jenis ....
a.     non digital
b.    bitmap
c.     vektor
d.    pixel
e.     scalable
17.          Program aplikasi untuk mengolah gambar bitmap yang dapat digunakan secara gratis adalah ....
a.     Adobe Photoshop
b.    Corel Photopaint
c.     Gimp
d.    Dia
e.     Inkscape
18.          Pixel merupakan titik koordinat yang ditempatkan pada lokasi-lokasi tertentu dengan nilai warna tersendiri sehingga membentuk pola tertentu dilayar. Pola yang terbentuk itulah yang menghasilkan atau menimbulkan kesan gambar.
Pixel singkatan dari…
a.     Picture element
b.    Picture xel/sel
c.     Gambar bertitik
d.    Dot matrik
e.     Pix element
19.          19. Semakin banyak jumlah pixel, berarti semakin tinggi tingkat kerapatannya dan semakin halus gambar yang terbentuk. Akibatnya, semakin besar pula ukuran file gambar tersebut. Banyaknya titik dalam 1 inchi dikenal dengan…
a.     dpi       c.dip                 e.dot
b.    spi        d. pixel
20.          20. File komputer yang berekstensi .bmp, .jpg, .tfi, .gif, .png, .pix, .pcx, biasanya adalah gambar yang berbasis….
a.     vektor
b.    bitmp
c.     c.bitmap          
d.    d.bmp
e.     picture network element
21.          Kelebihan-kelebihan sebagai berikut:
·         Mampu menangkap nuansa warna dan bentuk yang natural.
·         Lebih cepat dan lebih sesuai untuk ditampilkan ke layar monitor, karena gambar bitmap dapat ditransfersecara langsung dari file ke layar monitor Anda.
Pernyataan diatas menjelaskan tentang kelebihan gambar berbasis…..
a.     vektor
b.    bitmap
c.     digital
d.    d.manual
e.     picture network element

22.          Perubahan ukuran gambar (pembesaran dan pengecilan) mempengaruhi kualitas gambar adalah kekurangan dari gambar yang berbasis….
a.     vektor
b.    komputer
c.     digital
d.    bitmap
e.     picture network element
23.          File dari gambar berbasis bitmap cenderung berukuran….
a.     kecil
b.    sedang
c.     besar
d.    berat
e.     relatif besar
24.          Jika kita melakukan kompresi (pemadatan) pada gambar……………., maka kualitasnya gambar tersebut akan menurun.
a.     vektor
b.    komputer
c.     digital
d.    d.bitmap
e.     picture network element
25.          Inkscape merupakan suatu program aplikasi untuk…
    1. Presentasi
    2. Desain grafis
    3. Pemrograman
    4. Internet
    5. Multimedia
26.          Secara garis besar, desain grafis terbagi menjadi dua jenis yaitu…
    1. Garis dan kurva
    2. Grafis bitmap dan raster
    3. Grafis vektor dan raster
    4. Grafis raster dan resolution
    5. Grafis bitmap dan grafis vektor
27.          File gambar yang dihasilkan dari kamera termasuk gambar jenis...
    1. Digital
    2. Bitmap
    3. Modular
    4. Vector
    5. Integer
28.          Free Software mempunyai pengertian …
    1. Software demo
    2. Software berbayar
    3. Software gratis
    4. Software bajakan
    5. Licency
29.          Apabila image bitmap diperbesar melebihi kemampuan maksimalnya maka hasilnya adalah…
    1. Detail warna hilang
    2. Gradasi akan berkurang
    3. Memiliki kemampuan untuk tidak pecah
    4. Akan terlihat semakin jelas
    5. Terlihat pecah atau kabur
30.          Inkscape digunakan untuk membuat gambar berjenis….
    1. Bitmap
    2. Mp3
    3. Pdf
    4. 3gp
    5. Vektor
31.          Berikut ini adalah program aplikasi grafis,  kecuali…
    1. CorelDRAW
    2. Photoshop
    3. Gimp
    4. Microsoft Access
    5. Macromedia Freehand
32.          Di bawah ini yang bukan ekstensi file grafis vektor, adalah...
    1. svg
    2. eps
    3. cgm
    4. bmp
    5. cdr
33.          Ekstensi file dari Inkscape adalah…..
    1. Cdr
    2. Bmp
    3. Svg
    4. Odt
    5. Pdf
34.          Grafis yang tersusun atas pola garis dan kurva adalah...
    1. Bitmap
    2. Vektor
    3. Digital
    4. Word
    5. Integer
35.          Sistem operasi yang sudah menyertakan Inkscape kedalamnya adalah….
    1. Windows
    2. Unix
    3. Linux
    4. Symbian
    5. DOS
36.          Berikut ini adalah program aplikasi grafis yang sifatnya komersil (berbayar), kecuali…
    1. CorelDRAW
    2. Photoshop
    3. Gimp
    4. Adobe Pagemaker
    5. Macromedia Freehand














37.          Pada jendela Inkscape di atas nomor 1 merupakan...
    1. Menu Bar
    2. Command Bar
    3. Snap Control Bar
    4. Tool Control Bar
    5. Toolbox
38.          Pada jendela Inkscape di atas nomor 2 merupakan...
    1. Menu Bar
    2. Command Bar
    3. Snap Control Bar
    4. Tool Control Bar
    5. Toolbox
39.          Pada jendela Inkscape di atas nomor 3 merupakan...
    1. Menu Bar
    2. Command Bar
    3. Snap Control Bar
    4. Tool Control Bar
    5. Toolbox
40.          Pada jendela Inkscape di atas nomor 4 merupakan...
    1. Menu Bar
    2. Ststus Bar
    3. Snap Control Bar
    4. Palette
    5. Toolbox
41.          Pada jendela Inkscape di atas nomor 5 merupakan...
    1. Menu Bar
    2. Status Bar
    3. Workspace
    4. Palette
    5. Toolbox
42.          Pada jendela Inkscape di atas nomor 6 merupakan...
    1. Menu Bar
    2. Command Bar
    3. Snap Control Bar
    4. Tool Control Bar
    5. Toolbox
43.          Pada jendela Inkscape di atas nomor 7 merupakan...
    1. Menu Bar
    2. Command Bar
    3. Snap Control Bar
    4. Tool Control Bar
    5. Toolbox
44.          Pada Inkscape, ikon untuk menyimpan file terdapat di….
    1. Toolbar
    2. Toolbox
    3. Menu Bar
    4. Commands Bar
    5. Palette
45.          Keunggulan grafis vektor adalah...
    1. Ukuran file yang dihasilkan lebih besar
    2. Memori yang digunakan lebih sedikit
    3. Ukuran file yang dihasilkan lebih kecil
    4. Kerja prosesor cepat
    5. Gambar diperbesar tidak tidak rusak
46.          Keluar dari program Inkscape, shortcut yang digunakan pada keyboard adalah….
    1. Ctrl + E
    2. Alt + Q
    3. Ctrl + Q
    4. Ctrl + S
    5. Alt + X
47.          Merupakan elemen terkecil citra digital yang dapat dilihat mata (bagian terkecil dari gambar bitmap, berupa titik-titik penyusun gambar). Pernyataan tersebut merupakan definisi dari:
    1. Pixel
    2. Bitmap
    3. Vektor
    4. Dot
    5. Stroke
48.          Grafis yang dibentuk dengan raster atau pixel adalah...
    1. Bitmap
    2. Vektor
    3. Digital
    4. Word
    5. Integer
49.          Titik-titik penghubung antar garis pada suatu objek. Pernyataan tersebut merupakan istilah:
    1. Natural
    2. Pixel
    3. Node
    4. Stroke
    5. Fill
50.          Isi dari suatu objek kurva atau bidang-bidang tertentu, biasanya berupa warna, istilah ini dikenal dengan sebutan….
    1. Natural
    2. Pixel
    3. Node
    4. Stroke
    5. Fill
51.          Agar objek dapat di ubah-ubah bentukx maka harus di...
    1. Convert selected object to path
    2. Selected segmen curve
    3. Selected node auto smooth
    4. Selected segmen line
    5. Selected node smooth
52.          Objek garis dari suatu gambar di sebut dengan…
    1. Natural
    2. Pixel
    3. Node
    4. Stroke
    5. Fill
53.          Ukuran file gambar vektor bila dibandingkan dengan gambar bitmap adalah…
    1. Lebih kecil
    2. Lebih besar
    3. Sama
    4. Fleksibel
    5. Lebih lebar
54.          File, Edit, View dan sebagainya merupakan deretan menu-menu yang ada pada:
    1. Toolbar
    2. Toolbox
    3. Menu Bar
    4. Commands Bar
    5. Palette
55.          Ikon-ikon yang merupakan shortcut untuk perintah-perintah pokok seperti print, open, save dan sebagainya berada pada:
    1. Toolbar
    2. Toolbox
    3. Menu Bar
    4. Commands Bar
    5. Palette
56.          Ikon-ikon untuk memodifikasi objek berada pada
    1. Toolbar
    2. Toolbox
    3. Tool Control Bar
    4. Commands Bar
    5. Palette
57.          Tempat tool-tool yang sangat berguna dalam proses perencanaan dan perancangan suatu desain, adalah:
    1. Toolbar
    2. Toolbox
    3. Menu Bar
    4. Commands Bar
    5. Palette
58.          Bar yang mencantumkan informasi-informasi seperti warna objek dan posisi objek adalah:
    1. Title Bar
    2. Status Bar
    3. Ruler
    4. Palette
    5. Scrolbar
59.          Tool yang berfungsi untuk memilih, mengubah ukuran, memutar, menggeser dan me-refleksi objek adalah:
    1. Edit paths
    2. Select and transform
    3. Tweak object
    4. Spiral
    5. 3D Boxes
60.          Untuk membuat garis lurus digunakan tool...
    1. Star
    2. Polygon
    3. Bezier
    4. 3d box
    5. Square
61.          Untuk menggambar bebas digunakan tool...
    1. Star
    2. Polygon
    3. Freehand
    4. 3d box
    5. Square
62.          Mengubah posisi titik node suatu objek hingga objek berubah bentuk, tool yang digunakan adalah:
    1. Edit paths
    2. Select and transform
    3. Tweak object
    4. Spiral
    5. 3D Boxes
63.          Untuk memperbesar tampilan digunakan tool...
    1. Star
    2. Polygon
    3. Bezier
    4. Zoom
    5. Square
64.          Mengubah bentuk objek dengan menarik bagian isi objek, tool yang digunakan adalah:
    1. Edit paths
    2. Select and transform
    3. Tweak object
    4. Spiral
    5. 3D Boxes
65.          Tool untuk membuat bentuk objek 3 dimensi adalah
    1. Edit paths
    2. Select and transform
    3. Tweak object
    4. Spiral
    5. 3D Boxes
66.          Untuk menggambar bentuk objek lingkaran, setengah lingkaran, tool yang dipakai adalah:
    1. Circle, ellipses, and arc
    2. Spiral
    3. Freehand lines
    4. Bezier curves and straight lines
    5. Caligraphic or brush stroke
67.          Menggambar bentuk objek persegi banyak, tool yang digunakan adalah:
    1. Circle, ellipses, and arc
    2. Spiral
    3. Freehand lines
    4. Star and poligon
    5. Caligraphic or brush stroke
68.          Tool untuk membuat bentuk gambar bebas seperti menggambar dengan pensil, adalah:
    1. Circle, ellipses, and arc
    2. Spiral
    3. Freehand lines
    4. Bezier curves and straight lines
    5. Caligraphic or brush stroke
69.          Untuk menggambar bentuk objek dengan efek highlight, alat yang digunakan adalah:
    1. Circle, ellipses, and arc
    2. Spiral
    3. Freehand lines
    4. Bezier curves and straight lines
    5. Caligraphic or brush stroke
70.          Untuk membuat langsung bentuk segiempat 2D digunakan tool...
    1. Star
    2. Polygon
    3. Spiral
    4. 3d box
    5. Rectangle
71.          Menggambar bentuk objek dengan garis-garis yang saling terhubung, alat yang dipakai adalah:
    1. Circle, ellipses, and arc
    2. Spiral
    3. Freehand lines
    4. Bezier curves and straight lines
    5. Caligraphic or brush stroke








72.          Analisa untuk gambar 1 dapat dibentuk dari ...
    1. 3 ellips
    2. 4 ellips
    3. 5 ellips
    4. 6 ellips
    5. 7 ellips
73.          Tool yang dapat langsung digunakan untuk membuat gambar 1 adalah...
    1. Rectangles
    2. 3d box
    3. Bezier
    4. Ellips
    5. Square
74.          Analisa untuk gambar 2 dapat dibentuk dari ...
    1. 3 lingkaran
    2. 4 lingkaran
    3. 5 lingkaran
    4. 6 lingkaran
    5. 7 lingkaran
75.          Untuk menggabungkan beberapa objek pada pengolah vektor menjadi satu kesatuan dapat digunakan fasilitas...
    1. Group
    2. Merge
    3. Flatten image
    4. Linked
    5. New group
76.          Suatu program aplikasi yang dapat berjalan pada beragam sistem operasi dikenal dengan istilah…
    1. Free software
    2. Refleksi
    3. Multiplatform
    4. Node
    5. Tool
77.          Sebagai manusia yang beragama, apa pendapat kamu tentang keberagaman produk rekayasa dalam kondisi hidup berwirausaha yang kadang mengalami kegagalan dan keberhasilan?
a.     Selalu tabah menjalani persaingan dan mengambil pelajaran didalamnya
b.    Tidak peduli dan akan mengambil cara apa saja untuk bersaing
c.     Memberi bonus kepada pihak konsumen jika memakai jasa kita
d.    Beralih ke bidang usaha lain
e.     Berhenti berusaha dan istirahat
78.          Menghayati danmengamalkan ajaran agamayang dianutnya dalam konteks berkarya dan berusaha dalam bidang jasa desain grafis. Maksud dari kalimat diawal tersebut adalah:
a.     Selalu berusaha dan menggunakan program dengan karya asli
b.    Menjunjung tinggi kejujuran dan menghormati karya orang lain
c.     Memakai program bajakan
d.    Menjiplak karya orang lain menjadi kebiasaan yang bagus untuk sebuah usaha yang minim modal
e.     Selalu memakai karya asli Indonesia
79.          Menggali potensi internal untuk berkarya dan menghasilkan karya rekayasa yang bernilai. Makna kalimat tersebut adalah:
a.     Menggali kemampuan diri dengan rajin mengasah keterampilan
b.    Banyak membaca
c.     Sering mencari bahan pelajaran
d.    Memakai media online untuk belajar
e.     Menggali potensi diri untuk maju
80.          Jika dilingkungan kamu banyak sampah-sampah elektronik, langkah apa yang sebagusnya kamu lakukan untuk mengurangi dan memaksimalkan limbah tersebut menjadi barang berguna?
a.     Untuk sementara saya hanya berusaha memilah buangan sampah-sampah tersebut secara rapi
b.    Menempatkan limbah yang berbahaya ketempat khusus
c.     Selalu berusaha merawat barang-barang elektronik sebaik mungkin
d.    Tidak mudah mengganti barang elektronik dengan yang baru
e.     Tidak peduli, karena bukan urusan saya
81.          Hari Batik di Indonesia diperingati setiap tanggal?
a.     12 Oktober
b.    10 Oktober
c.     2 Oktober
d.    21 Oktober
e.     1 Oktober
82.          Batik Kal-Tim cenderung didominasi dengan motif……….
a.     Rumput laut
b.    Akar pohon
c.     Ukiran dayak
d.    Beruang madu
e.     Pesut
83.          Salah satu dampak dari tidak menghargai budaya lokal adalah
a.     Malu mengakui bahwa dia dilahirkan didaerah tersebut
b.    Tidak tahu pada budaya sendiri
c.     Sering memakai produk dari luar
d.    Budaya daerah akan hilang dan akan menjadi sesuatu yang “langka” untuk generasi mendatang
e.     Menjadi buta akan etika dan moral
84.          Jika didepan kamu ada benda berupa: gunting, kertas, pensil dan kuas, benda apa yang sangat diperlukan untuk menggambar?
a.     Gunting dan kertas
b.    Pensil dan kuas
c.     Kertas dan kuas
d.    Pensil dan kertas
e.     Gunting dan kuas
85.          Agar usia remaja tidak tertinggalkan konsep kemandirian pasca sekolah perlu dibekali dengan….
a.     Prinsip prakarya
b.    Prinsip kewirausahaan
c.     Prinsip ekonomi
d.    Prinsip rekayasa
e.     Prinsip budidaya
86.          Prakarya sebenarnya adalah pengembangan materi kearifan lokal yang telah dapat diidentifikasi dalam sejarah arkeologis mampu mengangkat nama Indonesia ke dunia internasional. Pernyataan ini terkait dengan hubungan prakarya dengan……..
a.     Budaya
b.    Sosial
c.     Rekayasa
d.    Pengolahan
e.     Budidaya
87.          Yang manakah dari hasil produksi dibawah termasuk kategori ruang lingkup Kerajinan tangan?
a.     Logo sekolah
b.    Gambar konstruksi jembatan
c.     Anyaman tas dari rotan
d.    Program input data pegawai
e.     Ikan lele
88.          Yang manakah dari hasil produksi dibawah termasuk kategori ruang lingkup Rekayasa ?
a.     Bel listrik
b.    Udang
c.     Anyaman tas bambu
d.    Pot bunga tanah liat
e.     Kolam pembiakan ikan Nila
89.          Yang manakah dari hasil produksi dibawah termasuk kategori ruang lingkup Budidaya ?
a.     Tambak ikan Bandeng
b.    Jamur merang
c.     Pot dari kaca
d.    Kolam pembiakan udang
e.     Pengolahan limbah sampah basah
90.          Yang manakah dari hasil produksi dibawah termasuk kategori ruang lingkup Pengolahan ?
a.     Kompos
b.    Anyaman tas bambu
c.     Pot bunga tanah liat
d.    Kolam pembiakan ikan Nila
e.     Asbak dari asbes
91.          Jika didepan kamu terdapat benda-benda berikut: rotan, tali dari wol, lem, gunting, cutter dan kertas. Manakah benda utama yang dapat dimanfaatkan untuk membuat tas/tempat-wadah barang?
a.     Tali dari wol
b.    Gunting
c.     Cutter
d.    Rotan
e.     Semua benda tersebut bisa dipakai untuk membuat tas/tempat barang

92.          Karya yang mempunyai nilai keterjualan oleh karenanya karya tersebut harus memenuhi standar pasar, yaitu:
menyenangkan pembeli, nilai kemanfaatan, kreatif serta bertanggungjawab terhadap ciptaannya berdasarkan logika matematis maupun pengetahuan estetis
.
Pernyataan diatas adalah Prinsip-prinsip Belajar, Pembelajaran dan Asesmen dari…….
a.     Prakarya dan Kewirausahaan
b.    Rekayasa desain grafis
c.     Budidaya jamur merang
d.    Bisnis dan manajemen
e.     Ekonomi akuntansi
93.          Kulit merupakan bahan alam yang mudah didapat dan jumlahnya berlimpah terutama pada saat perayaan Idul Adha. Biasanya kulit hewan kambing/domba atau sapi dijemur di panas matahari. Pilihlah salah satu dari produk kulit hasil kerajinan tangan ….
a.     Topi bambu
b.    Tas anyaman rotan
c.     Ikat pinggang
d.    Asbak tanah liat
e.     Pigura bambu
94.          Pilih salah satu hasil karya kerajinan tangan dari rotan dibawah ini….
a.     Tas kulit
b.    Sepatu karet
c.     Jam plastik
d.    Tikar
e.     Tutup kaleng
95.          Jika kalian perhatikan, pada salah satu cabang olah raga menggunakan bahan dasar rotan sebagai bahan pembuat bola, sebutkan cabang olahraga tersebut….
a.     Soccer
b.    Volley ball
c.     Basket ball
d.    Sepak takraw
e.     Badminton
96.          Yang termasuk hasil/produk modifikasi kerajinan tangan berbahan alam…….
a.     Bunga kertas
b.    Tas bungkus sabun
c.     Topi bambu
d.    Patung lilin
e.     Sepatu karet
97.          Keselamatan dalam bekerja perlu diingatkan agar diperhatikan oleh peserta didik dalam berkarya di kerajinan tangan. Bahan/alat bantu yang termasuk berbahaya jika tidak cermat dalam penggunaannya adalah…..
a.     Gunting
b.    Laptop
c.     Kertas
d.    Lem
e.     Benang
98.          Prosedur mengaktifkan create spiro pathadalah dengan terlebih dahulu mengaktifkan….
a.     Draw calligraphic
b.    Create and edit text
c.     Draw bezier curves and straight lines
d.    Create spirals
e.     Create circles, ellipses and arcs
99.          Untuk mengubah posisi lembar kerja/canvas di Inkscape adalah dengan mengaktifkan…
a.     File-Document properties-show page
b.    File-Document properties-Guides
c.     File-Document properties-Grids
d.    File-Document properties-page
e.     File-Document properties-Color Management
100.        Prosedur penyimpanan file gambar secara default di Inkscape adalah
a.     File-save As
b.    File-import
c.     File-export bitmap
d.    File-revert
e.     File-save as copy

sekian, terima kasih. babay

6 komentar: